Rujak Soto

Rujak_soto

Rujak adalah campuran sayur mayur dengan bumbu kacang serta petis. Untuk pedasnya, bisa disesuaikan dengan pesanan dari konsumen. Bumbu kacang dicampur dengan garam, kacang goreng, gula merah, asam dan juga pisang klutuk (pisang batu) muda.  Segepok cita rasa  yang tersaji itu  tak akan terasa nikmatnya  bila terkena kuah. Sebaliknya, Soto tak  akan bisa dinikmati bila tanpa ada kuah didalamnya. Malah, akan terasa asing dan aneh, bila Soto disajikan tanpa kuah. Di tangan ‘orang Banyuwangi’,  sesuatu yang tak mungkin itu justru mampu diolah menjadi cita rasa  yang menarik dan nyentrik. Sekali mencoba Anda akan ketagihan dibuatnya.

Pisang klutuk merupakan bahan yang wajib dalam Rujak Soto. Pisang klutuk ini akan memberikan rasa khas di Rujak Soto. Setelah bumbu siap tinggal dicampur dengan campuran sayur yang direbus seperti kangkung, kacang panjang, kubis dan juga potongan tahu dan tempe yang digoreng. Setelah selesai, rujak diwadahi mangkuk dan tinggal dituangi kuah soto babat sapi. Jika ingin, Anda juga bisa meminta menambahkan lontong. Untuk soto,  memilih soto yang berisi babat, usus dan tetelan daging sapi.

Bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kemiri merica. Terus disangrai dan dimasak dengan babat usus dan tetelan daging sapi. Ditambahkan juga dengan bawang prei, lengkuas, daun jeruk, serai, seledri. Kalau sudah siap tinggal dituangkan ke campuran rujak dan diberi bawang goreng, telur asin dan krupuk. Rujak Soto di Banyuwangi ini telah ada sejak 50 tahun yang lalu. Pondok ini bisa menjual Rujak Soto hingga 200 porsi. Harga per porsinya sekitar 12000 rupiah hingga 15000 rupiah. Selain  Rujak Soto, pondok ini juga menyajikan beragam   menu lainnya. Seperti  rujak gobet, rujak cingur dan rujak cemplung.