Teluk Hijau

teluk hijau

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi atau dikenal juga dengan nama pantai Green Bay Banyuwangi, terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai Teluk Hijau Banyuwangi ini berada di area kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Pantai Teluk Ijo Banyuwangi, demikian orang lokal Banyuwangi menyebutnya. Lokasi Teluk Ijo Banyuwangi dari pusat kota berjarak sekitar 80 km, ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam. Biasanya wisatawan datang ke pantai ini dalam rangkaian wisata pantai Pulau Merah Banyuwangi atau wisata pantai Sukamade Banyuwangi.

Akses ke Teluk Hijau

Akses menuju Teluk Hijau Banyuwangi ada beberapa pilihan. Bila menggunakan sepeda motor atau mobil 4WD, seperti Jeep, Trooper, atau Land Rover, kita bisa menempuh perjalanan sampai tempat parkir terdekat di jalur perjalanan dari Rajegwesi-Sukamade. Dari situ tinggal trekking sedikit menuju pantai melalui jalan setapak.

Bila menggunakan mobil biasa, kendaraan bisa diparkir di Pantai Rajegwesi. Dari sana kita bisa naik ojek ke tempat parkir di jalur perjalanan Rajegwesi-Sukamade, kemudian trekking menuju pantai melalui jalan setapak, atau kita bisa langsung trekking dari Rajegwesi ke Teluk Hijau sejauh 3 km melalu tebing-tebing, atau bisa kita naik perahu nelayan dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Ijo Banyuwangi ibarat sepotong surga yang jatuh ke bumi. Pantai yang indah ini dikelilingi bukit, pasirnya lembut berwarna putih. Air laut di bibir pantai dominan berwarna hijau bening dengan degradasi warna dari hijau, biru kehijauan, sampai biru gelap.

Di dinding bukit terdekat dari pantai terdapat air terjun kecil setinggi kurang lebih 8 meter, yang di musim hujan cukup banyak mengalirkan air. Tak jarang tampak rombongan monyet abu-abu berkeliaran di pepohonan sekitar pantai.

Apa saja kegiatan yang bisa kita lakukan di Pantai Teluk Ijo Banyuwangi? Di pantai ini kita bisa berenang, bermain air, dan berburu foto-foto indah. Bila kita menggunakan jasa tour operator, biasanya kita bisa order untuk aktifitas membakar ikan dan minum kelapa muda di pantai ini.

Sekitar 300 meter dari Pantai Teluk Hijau, terdapat Pantai Batu. Pantai Batu? Ya, memang unik seperti namanya, di pantai ini memang hanya ada bebatuan, tak ada pasir di sana. Sangat berbeda dengan Pantai Teluk Ijo yang jaraknya hanya beberapa ratus langkah dari Pantai Batu.

Menurut penduduk setempat, Pantai Batu ini dulunya sama-sama berpasir seperti Pantai Teluk Ijo. Pada tahun 1994, saat wilayah Banyuwangi selatan diterjang tsunami, pantai ini berubah. Gelombang laut yang besar membawa batu-batuan, dan lenyaplah pasir di pantai ini digantikan oleh batu-batu.

Baca juga : Keindahan Wisata Pulau Merah

Tips wisata Teluk Hijau

Beberapa tips dalam berwisata ke Pantai Teluk Hijau Banyuwangi:

  • Agar kulit tidak terbakar, pakailah kaca mata hitam dan topi, serta gunakan sunblock.
  • Berhati-hatilah saat berenang di Teluk Hijau. Ombak di sana biasanya agak besar, termasuk arus bawah airnya juga cukup kuat.
  • Bila perjalanan menggunakan perahu, bawalah plastik atau dry bag untuk mengamankan barang berharga dan barang elektronik.
  • Bila perjalanan menggunakan perahu, bawalah pakaian ganti, biasanya baju atau celana akan basah terkena cipratan ombak dari laut.
  • Bawalah bekal makanan dan minuman. Di Teluk Hijau tak ada penjual makanan dan minuman
  • Waspadalah bila membawa tas kecil maupun bekal makanan. Banyak monyet berkeliaran, bila kita lengah barang-barang kita bisa dicuri oleh mereka.
  • Bila berkemah, hati-hati dalam membuat api, jangan sampai membakar pohon. Pastikan api Anda benar-benar mati saat Anda meninggalkan lokasi.
  • Jangan meninggalkan sampah, selalu bawalah pulang sampah Anda sendiri.
  • Jangan meninggalkan sesuatu selain jejak, jangan mengambil sesuatu kecuali foto dan video, serta jangan membunuh sesuatu selain waktu.